Kumpulan istilah kata, pengertian makna kata, sebagai media pembelajaran dan pemahaman untuk memahami arti kata

 

Definisi Psikologi

Definisi Psikologi dalam istilah lama di sebut ilmu jiwa itu berasal dari kata Bahasa Inggris “Psychology”. Kata psychology merupakan dua akar kata yang bersumber dari bahasa Greek (Yunani), yaitu: (1) psyche yang berarti jiwa; (2) logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi adalah ilmu jiwa atau bisa di sebut ilmu yang mempelajari kejiwaan atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala jiwa manusia. Karena para ahli jiwa mempunyai penekanan yang berbeda, maka definisi yang dikemukakan juga berbeda-beda. Beberapa pengertian yang dirumuskan oleh para ahli itu antara lain sebagai berikut:


  1. Wilhelm Wundt
Ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indera, pikiran, merasa (feeling) dan kehendak.

2. Chaplin
Dalam Dictionary of Psychology mendefinisikan psikologi sebagai “ …the science of humen and animal behavior, the study of the organism in all its variety and complexity as it responds to the flux and flow of the physical and social events which make up the environment". (Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai prilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam kerumitannya ketika bereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakan yang mengubah lingkungan)

3. Menurut Dr. Singgih Dirgagunar
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

4. Plato dan Aristoteles
Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

5. John Broadus Watson
Ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak ( lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsang dan jawaban (respons).

6. Woodworth dan Marqius
Ilmu pengetahuan yang mempelajari aktifitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.

7. Richard Mayer
Psikologi merupakan analisis ilmiah mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

8. Kenneth Clark dan George Millter
Psikologi biasanya didefinisikan sebagai studi ilmiah mengenai perilaku. Lingkungan mencakup berbagai proses perilaku yang dapat diamati, seperti gerak tangan; cara berbicara dan perubahan kejiwaan dan proses yang hanya dapat diartikan sebagai pikiran dan mimpi.

9. Norman Munn
Sekarang psikologi secara umum didefinisikan sebagai “ilmu mengenai perilaku”, tetapi hal yang menarik pengertian “perilaku” yang telah mengalami perkembangan sehingga sekarang ikut menangani hal yang pada masa lampau disebut pengalaman. Hal-hal pribadi seperti proses-proses (subjektif) seperti berpikir, sekarang berhubungan dengan “perilaku dalam”.

10. Arthur Gates
Dipandang secara luas, psikologi mencoba menemukan peraturan umum yang menerangkan perilaku organisme hidup. Bidang ini mencoba menunjukkan, menerangkan, dan menggolongkan berbagai macam kegiatan yang sanggup dilakukan oleh binatang, manusia, atau lainnya.

11. Kurt Koffka
Sebagai definisi psikologi sementara ini, kita boleh mengatakan bahwa pokok masalahnya adalah studi ilmiah mengenai perilaku makhluk hidup dalam hubungan mereka dengan dunia luar.

12. Bruno
Membagi pengertian psikologi dalam tiga bagian yang pada perinsipnya saling berhubungan. Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “ruh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai ”kehidupan mental”, ketiga psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “ tingkah laku” organisme.


13. Crow & Crow

Pschycology is the study of human behavior and human relationship. (Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

14. Sartain
Psychology is the scientific study of the behavior of living organism,with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).

15. Ensiklopedia Pendidikan, Poerbakawatja dan Harahap (1981)

Psikologi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan – kegiatan jiwa.

16. Atkinson et al (1991)
Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku dan proses-proses mental (psychology is: “The scientific study of behaviour and mental processes”).

17. The British Psychological Society (BPS) www.bps.org.uk
Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari orang/manusia: bagaimana ia berpikir, bertindak, bereaksi dan berinteraksi. Psikologi memperhatikan semua aspek dari perilaku, pikiran, perasaan dan motivasi yang mendasari suatu perilaku ("Psychology is the study of people: how they think, how they act, react and interact. Psychology is concerned with all aspects of behaviour and the thoughts feelings and motivations underlying such behaviour.")

18. Wawan Kurn
Psikologi itu menyenangkan..! Dan akan membuat lebih memanusiakan manusia:D


Sumber : http://wawank-wawank.blogspot.com/2010/10/definisi-psikologi.html

Comments :

0 komentar to “Definisi Psikologi”

Poskan Komentar